PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN PAMPANG KOTA MAKASSAR”.

SINTA D.M AMBONG PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN PAMPANG KOTA MAKASSAR”.

[img] Text
00.sampul asli.docx

Download (30kB)
[img] Text
01.hal. depan.docx

Download (1MB)
[img] Text
02.ISI.docx

Download (98kB)
[img] Text
03.LAMPIRAN.docx

Download (3MB)

Abstract

Sinta D.M Ambong Putri . 2016. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas V SDN Pampang Kota Makassar . Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci,M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Andi Makkasau,M.Si sebagai pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Pampang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Pampang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar IPS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Pampang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SDN Pampang Kota Makassar dengan jumlah siswa 28 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 11 perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori cukup (C) pada siklus I meningkat menjadi kategori Baik (B) dan pada siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas V SDN Pampang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:11
Last Modified: 06 Jun 2023 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item View Item