PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES TAPPANJENG KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

NIKMATUL HAYAT (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD INPRES TAPPANJENG KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (415kB)
[img] Text
Nikmatul Hayat.docx

Download (8MB)

Abstract

NIKMATUL HAYAT. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Prediction Observation Explanation (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr Latang, M.Pd dan Hamzah Pagarra, S. Kom, M. Pd. Pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVB. Adapun rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Banateng. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) dan Hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPA dari siklus I ke siklus II tuntas. Maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Observation Explanation (POE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:56
Last Modified: 05 Jun 2023 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29512

Actions (login required)

View Item View Item