PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD INPRES KUNJUNG KECAMATAN SANROBONE

MUH RUM RASYID (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD INPRES KUNJUNG KECAMATAN SANROBONE.

[img] Text
sampul DEPAN.docx

Download (38kB)
[img] Text
bag.depan.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB 1,2,3,4,5,LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (6MB)

Abstract

Muh Rum Rasyid, 2016, Penerapan Pendekatan keterampilan Proses untuk meningkatkan hasil belajara IPA Kelas IV SD Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Amrah,M.Pd dan Dr.Ansar,M.Si Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa karena belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah gambaran penerapan pendekatan keterampilan proses dan hasil pada mata pelajaran IPA Siswa kelas IV SDN No.107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan gambaran penerapan pendekatan keterampilan proses dan hasil pada mata pelajaran IPA Siswa kelas IV SDN No.107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan Keterampilan proses dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah seorang guru Siswa kelas IV SDN No.107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik, dan begitupula pada siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II berada pada kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan ketrampilan proses secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDN No.107 Inpres Kunjung Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:47
Last Modified: 05 Jun 2023 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29511

Actions (login required)

View Item View Item