RAMDAWANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID KELAS IVC SD INPRES MINASAUPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL SKRIPSI.docx Download (61kB) |
|
Text
SKRIPSI WANY.docx Download (1MB) |
|
Text
1.docx Download (1MB) |
|
Text
2.docx Download (1MB) |
|
Text
9 RIWAYAT HIDUP 1.docx Download (29kB) |
Abstract
Ramdawani, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVC SD Inpres Minasaupa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi, dibimbing oleh Khaerunnisa.,S.Pd.I,MA dan Farida Febriati, S.S,M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Latar belakang masalah ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVC SD Inpres MinasaupaKecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IVC SD Inpres Minasaupa Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IVC SD Inpres Minasaupa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SD Inpres Minasaupa Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 28 orang dan 1 orang guru. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik, sedangkan hasil observasi belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik, selain itu ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siklus I dengan kategori kurangmeningkat pada siklus II dengan kategori baik dan kriteria ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IVC SD Inpres Minasaupa Kecamatan Rappocini Kota Makassar meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 06:37 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 06:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29510 |
Actions (login required)
View Item |