PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA OMPO KABUPATEN SOPPENG

Anwar, Anwar PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA OMPO KABUPATEN SOPPENG. JURNAL BISNIS, MANAJEMEN, DAN INFORMATIKA (JBMI), 19 (2). pp. 143-159. ISSN 2579-7204

[img] Text (Article)
12 23514-Article Text-76198-1-10-20221109.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (Turnitin)
12 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA OMPO KABUPATEN SOPPENG.pdf - Other

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA OMPO KABUPATEN SOPPENG.pdf - Other

Download (859kB)
Official URL: https://journal.unhas.ac.id/index.php/jbmi/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible (X1), Reability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Adapun populasi dengan jumlah 10.932 pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan indikator Reliabity, Responsiveness, Assurance dan Tangible, memberikan pengaruh yang tidak signifikan dan hanya Reliability yang memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Secara simultan kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 01 Jun 2023 16:07
Last Modified: 01 Jun 2023 16:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item