HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN POSITIFDENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS V SD INPRES ANTANG II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

ARIANDANI SYARIF (2023) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN POSITIFDENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS V SD INPRES ANTANG II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PRAKATA dan Daftar ISI.docx

Download (107kB)
[img] Text
insyaa Allah fix total.docx

Download (948kB)

Abstract

Ariandani Syarif. 2016. Hubungan antara Pemberian Penguatan Positif dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V A SD Inpres Antang II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh DR. Latang, M.Pd dan DR. Suarlin S.Pd.,M. Si. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antara pemberian penguatan positif dengan hasil belajar matematika siswa, dengan rumusan masalah seberapa besarkah hubungan antara pemberian penguatan positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Inpres Antang II Kecamatan Manggala Kota Makassar?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat hubungan antara pemberian penguatan positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas V A SD Inpres Antang II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Inpres Antang II Kecamatan Manggala Kota Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang, yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi pearson product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara pemberian penguatan positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas V A SD Inpres antang II Kecamatan Manggala Kota Makassar berada pada tingkat hubungan yang kuat, sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pemberian penguatan positif dengan hasil belajar matematika diterima. Berdasarkan hasil uji regresi, dapat dilihat bahwa pemberian penguatan positif memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar matematika siswa. Sehingga hipotesis statistik penelitian diterima, yakni terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian penguatan positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas V A SD Inpres antang II Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 06:33
Last Modified: 29 May 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item