PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MANNURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

NOVIANTI (2023) PENERAPAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MANNURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (11MB)

Abstract

Novianti, 2016, Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Muhamamad Irfan, S.pd.M.Pd dan Sahril Buchori, S.Pd,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah gambaran Model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Mannuruki Kecematan Tamalate Kota Makssar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar melalui penerapan model Inquiry. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta tes evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Mannuruki Kematan Tamalate Kota Makassar sejumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016 di semester genap. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Siklus I dengan dua kali pertemuan setelah dilakukan tes akhir siklus terdapat 17 orang siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 70, hal ini berarti siklus I secara klasikal belum dikatakan tuntas. Siklus II dengan dua kali pertemuan setelah dilakukan tes akhir siklus terdapat 31 orang siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 70, hal ini berarti secara klasikal hasil belajar siswa di katakan tuntas. Meningkatnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kegiatan dan nilai siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil yang di peroleh bila dikaitkan dengan situasi belajar, maka penggunaan model Inquiry dapat maningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Mannuruki Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 05:53
Last Modified: 29 May 2023 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29258

Actions (login required)

View Item View Item