PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SULFIANI (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PERTAMA.docx

Download (18kB)
[img] Text
SAMPUL KEDUA.docx

Download (49kB)
[img] Text
FILE SKRIPSI.docx

Download (3MB)

Abstract

Sulfiani. 2016. Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd dan Widya Karmila Sari A., S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sedangkan subyek penelitiannya adalah guru dan siswa dengan jumlah siwa sebanyak 30 orang, 14 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai fasilitator atau pengajar serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan guru bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil observasi guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa segi hasil pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik sekali (BS). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 05:47
Last Modified: 29 May 2023 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29257

Actions (login required)

View Item View Item