PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES MALENGKERI I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

HIKMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES MALENGKERI I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (153kB)
[img] Text
PRAKATA HIKMAH baru.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB I,2 DAN 3.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP hikmah.docx

Download (42kB)

Abstract

Hikmawati 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Malengkeri I Kec.Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr Latang M.Pd dan Widya Karmila Sari, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA kelas V SD Inpres Malengkeri I Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Malengkeri I. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Malengkeri I. Pendekatan yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perancanaan, tindakan, opserfasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar IPA. Seting penelitian dilaksanakan di SD Inpres Malengkeri I. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 19 Siswa. Tehnik pengumpulan data ini adalah opserfasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA melalui pembelajaran Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan yaitu pada siklus satu berada pada kategori Cukup (C) dan siklus dua berada pada kategori baik (B). kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Malengkeri I Kec.Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 02:01
Last Modified: 29 May 2023 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29251

Actions (login required)

View Item View Item