PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 03 SUMPANG BINANGAE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

NURUL FAJRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 03 SUMPANG BINANGAE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
Bagian Depan Skripsii.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB 1,2,3,4,5 dan Lampiran.docx

Download (7MB)

Abstract

Nurul Fajri , 2016, Penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajara IPS siswa Kelas IV SDN 3 Sumpang Binangae Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan,S.Pd.,M.Pd dan Sahril Buchori,S.Pd.,M.Pd Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa karena belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah gambaran penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa kelas IV SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan gambaran penerapan penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa kelas IV SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tipe Talking Stick dan hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik, dan begitupula pada siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar IPS siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II berada pada kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran tipe Talking Stick secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 01:50
Last Modified: 29 May 2023 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29250

Actions (login required)

View Item View Item