PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 222 TONRONGE KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

HAERUNNISA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEMAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 222 TONRONGE KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
sampul Skripsi.docx

Download (94kB)
[img] Text
skripsi 1,2,3,4,5.docx

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (10kB)
[img] Text
lampiran skripsi.docx

Download (8MB)
[img] Text
l.1 silabus.doc

Download (87kB)

Abstract

HAERUNNNISA, 2016 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 222 Tonronge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V, rumusan masalah yakni bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 222 Tonronge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 222 Tonronge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan ini digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelakasanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah menerapkan Model Pembelajaran kooperatif Make A Match oleh guru dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 222 Tonronge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, Sebanyak 10 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah kualitatif kuantitatif deskriptif. Hasil belajar siswa siklus I berada kategori kurang, pada siklus II meningkat yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 222 Tonronge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 01:38
Last Modified: 29 May 2023 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29248

Actions (login required)

View Item View Item