PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD INPRES SERO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

EKARIA JUNAID (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD INPRES SERO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ISI SKRIP (Repaired).pdf

Download (791kB)
[img] Text
SKRIPSI ku (Repaired).pdf

Download (240kB)

Abstract

Ekaria Junaid, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Cerita Anak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Drs. Mufa‟adi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan menulis cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Inpres Sero Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Inpres Sero Kec. Somba Opu Kab. Gowa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Inpres Sero Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Sero. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, dimana kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Setelah dilakukan uji T diperoleh nilai sig (2-tailed)0,002 yang lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil menulis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat mempengaruhi kemampuan menulis cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 01:29
Last Modified: 29 May 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29247

Actions (login required)

View Item View Item