PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD INPRES TALLO TUA I KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

FADLY YUSUF (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD INPRES TALLO TUA I KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL UTAMA.docx

Download (19kB)
[img] Text
2.SAMPUL BAGIAN KEDUA (Abstrak, Daftra Isi, Lember Pengesahan, dll).docx

Download (52kB)
[img] Text
Isi Skripsi Asli Fadel.docx

Download (4MB)

Abstract

Fadly Yusuf. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kecamatan Tallo Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kecamatan Tallo Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan tiga kali pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan hasil belajar. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Demikian pula observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategoti tidak tuntas (TT) sedangkan siklus II berada pada kategori tuntas (T). Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Tallo Tua I Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 01:04
Last Modified: 29 May 2023 01:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item View Item