PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES BELAKA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

MANSYUR ABDILLAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES BELAKA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
hal. depan.docx

Download (88kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING LULUS.rtf

Download (2MB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.rtf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I - BAB IV.docx

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN TES.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Mansyur Abdillah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang M.Pd dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar. Subjek penelitian ini yaitu Guru dan 20 siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki serta 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Belaka Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 06:43
Last Modified: 26 May 2023 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29224

Actions (login required)

View Item View Item