Trifena Lolong Pehan (2023) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar.
Image
SAMPUL-2.jpg Download (1MB) |
|
Image
LEMBAR PERSETUJUAN.jpg Download (1MB) |
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
pernyataan keaslian skripsi.docx Download (45kB) |
|
Text
ISI SKRIPSI.docx Download (14MB) |
|
Text
Lampiran 10 & lampiran 22 (Hasil tes siklus I & Siklus II).docx Download (41kB) |
|
Text
LAMPIRAN 32 (RIWAYAT HIDUP).docx Download (44kB) |
Abstract
Trifena Lolong Pehan, 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hj.Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. dan Dr. Andi Cudai Nur, M.si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar dengan jumlah murid 42 orang dengan materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa pada setiap siklus, aktifitas belajar mengajar mengalami peningkatan yaitu siklus I berada pada kategori cukup (C) menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Selain peningkatan aktivitas belajar juga terjadi peningkatan terhadap hasil belajar IPA murid yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Kalang Tubung II Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 May 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 May 2023 05:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29216 |
Actions (login required)
View Item |