PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 19 PACIKOMBAJA KECAMATANLABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

NURUL MUALLIMA. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 19 PACIKOMBAJA KECAMATANLABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (10kB)

Abstract

NURUL MUALLIMA.H, 2016 Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing: (I) Drs.Latri Aras ,S.Pd dan (II) Dra.Hj.Nurhaedah A,MS.i. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN 19 Pacikombaja. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Tujuan penelitian yaitu untuk penerapan model pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 19 Pacikombaja kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan dengan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelakasanaan observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Inquiry oleh guru dan hasil belajar. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep sebanyak 22 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil obervasi guru pada siklus 1 pertemuan I berada kategori Cukup (C), dan pertemuan II berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II persentase aktivitas guru meningkat, pertemuan I kategori Baik (B), dan pertemuan II kategori Baik (B). Hasil obervasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori Cukup (C), dan pertemuan II kategori Baik (B). Pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat, pertemuan I kategori Baik (B), dan pertemuan II kategori Baik (B). Hasil belajar siswa siklus I berada kategori Tidak Tuntas (TT), pada siklus II meningkat yaitu berada kategori Tuntas (T). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 19 Pacikombaja Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 05:45
Last Modified: 26 May 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29210

Actions (login required)

View Item View Item