PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ENI KURNIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
A. SAMPUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
B. HALAMAN AWAL.docx

Download (995kB)
[img] Text
C. BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
D. BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.docx

Download (15MB)

Abstract

ENI KURNIA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan A. Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 siswa kelas V yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada setiap siklusnya yang dapat dilihat pada aktivitas guru dan siswa, aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik, aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik. Selain itu, peningkatan hasil belajar terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II, ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa pada siklus I telah dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan sangat baik dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 02:20
Last Modified: 26 May 2023 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item