PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD INPRES LAPPARA KECAMATAN TOMBOLOPAO KABUPATEN GOWA

MUH. SYUKUR ARIFIN (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD INPRES LAPPARA KECAMATAN TOMBOLOPAO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul.docx

Download (31kB)
[img] Text
pengesahan ujian skripsi.docx

Download (64kB)
[img] Text
hal. depan.docx

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (12kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (578kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

Muh. Syukur Arifin . 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Lappara Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Nurhaedah, M.Si dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVa SD Inpres Lappara Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVa SD Inpres Lappara Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 1 guru dan siswa kelas IVa SD Inpres Lappara Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 32 terdiri dari 13 siswa dan 19 siswi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IVa SD Inpres Lappara Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 06:20
Last Modified: 25 May 2023 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29191

Actions (login required)

View Item View Item