PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD INPRES JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

MUDRIKA RIZKILAH M. WAIS (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD INPRES JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL FIX.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

MUDRIKA RIZKILAH M. WAIS. 2016. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj. Rosdiah Salam, M. Pd dan Dr. Suarlin, M.Si, pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah. rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VA SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VA SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar? Yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VA SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif .Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Sampel penelitian ini adalah kelas VA dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data adalah pretest, pemberian treatment dan postest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa dimana pada tes awal (pretest) berada pada kategori cukup sedangan pada akhir pembelajaran (posstest) berada pada kategori sangat baik.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Jongaya Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 02:58
Last Modified: 25 May 2023 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item View Item