NUR ARIANI AMIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI KOMPLEKS SAMBUNG JAWA KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (56kB) |
|
Text
2.JUDUL.docx Download (66kB) |
|
Image
3.persetujuan pembimbing.jpg Download (302kB) |
|
Image
4.pengesahan skripsi.jpg Download (325kB) |
|
Text
5.pernyataan keaslian skripsi.docx Download (24kB) |
|
Text
6.MOTTO.docx Download (13kB) |
|
Text
7.ABSTRAK dan PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
8.DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
9.BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
10.BAB II.docx Download (48kB) |
|
Text
11.BAB III.docx Download (57kB) |
|
Text
12.BAB IV.docx Download (54kB) |
|
Text
13.BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
13.BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
14.LAMPIRAN.docx Download (11kB) |
|
Text
20.RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Word Square dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 33 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan yang telah ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 May 2023 07:13 |
Last Modified: | 24 May 2023 07:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29115 |
Actions (login required)
View Item |