PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI KOMPLEKS SAMBUNG JAWA KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

NUR ARIANI AMIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI KOMPLEKS SAMBUNG JAWA KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (56kB)
[img] Text
2.JUDUL.docx

Download (66kB)
[img] Image
3.persetujuan pembimbing.jpg

Download (302kB)
[img] Image
4.pengesahan skripsi.jpg

Download (325kB)
[img] Text
5.pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (24kB)
[img] Text
6.MOTTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
7.ABSTRAK dan PRAKATA.docx

Download (22kB)
[img] Text
8.DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
9.BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
10.BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
11.BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
12.BAB IV.docx

Download (54kB)
[img] Text
13.BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
13.BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
14.LAMPIRAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
20.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Word Square dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 33 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan yang telah ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV B SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 07:13
Last Modified: 24 May 2023 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item