PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

FAATIMATUZZOHRAH (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
bagian depan skripsi.docx

Download (28kB)
[img] Text
keaslian skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
isi.docx

Download (1MB)

Abstract

FAATIMATUZZOHRAH. 2016. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 33 orang, dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan ada peningkatan dalam pembelajaran, baik dari aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar IPA. Presentase hasil belajar IPA pada siklus I berada pada kategori cukup secara klasikal dan pada siklus II hasil belajar IPA mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan metode eksperimen dan peningkatan persentase jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:58
Last Modified: 24 May 2023 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29112

Actions (login required)

View Item View Item