PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (CIRC) COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR KOTA MAKASSAR

NUR HIQMA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (CIRC) COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul awal.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI blm fix.docx

Download (21kB)
[img] Text
Bab 1,2,3,4,5 dan lampiran.docx

Download (104kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (60kB)

Abstract

Adapun Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading Composition (Circ) dalam meningkatkan keterampilan berbicara Siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading Composition (Circ) dalam meningkatkan keterampilan berbicara Siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus tiga kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) model cooperative integrated reading dan composition (CIRC), 2) Keterampilan berbicaara. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 21 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat dengan kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Kesimpulan penelitian : penerapan model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:47
Last Modified: 24 May 2023 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item