PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

AHMAD ALFAIDZI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL DAN DAFTAR ISI.docx

Download (92kB)
[img] Text
2. BAB 1 - 5.docx

Download (178kB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)
[img] Text
4. LAMPIRA - LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
5. DOKUMENTASI.docx

Download (584kB)
[img] Text
6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Ahmad Alfaidzi, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Khaerunnisa. S.Pd.I., M.A dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan peningkatan hasil belajar siswa. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makasssar dengan subjek penelitian terdiri dari 1 0rang guru dan 28 0rang siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 03:38
Last Modified: 24 May 2023 03:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item