PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

FATIMAH (2023) PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL FIX.docx

Download (97kB)
[img] Text
ISI revisi.docx

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar. Rumusan masalah meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode curah pendapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan berbicara siswa meningkat melalui penerapan metode curah pendapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode Curah Pendapat dan Keterampilan Berbicara siswa. Subjek penelitian 1 guru dan 30 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan, baik pada aktivitas guru dan keterampilan berbicara siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan aspek siswa kategori kurang dan belum mencapai taraf keberhasilan, sedangkan pada siklus II baik aspek guru dan siswa dikategorikan baik dan mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan presentase ketuntasan siklus I dengan rata-rata 54,4 belum mencapai KKM dan belum tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus berikutnya rata-rata 77,7 telah mencapai KKM dan tuntas secara klasikal. Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode curah pendapat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Malewang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 07:31
Last Modified: 23 May 2023 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item