PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI AL-BASHIRAH KOTA MAKASSAR

SAHARUDDIN (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI AL-BASHIRAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (74kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI. D docx.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (12MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika melalui Penerapan Pembelajaran kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Al-Bashirah Kota makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI Al-Bashirah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Bashirah Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang siswa laki-laki. Tekhnik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dan analisis deskriptif kualitatif. Data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Yaitu pada siklus I hasil analisis aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik dan hasil belajar aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kontekstual secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Bashirah Kota Makassar pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 06:23
Last Modified: 23 May 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29065

Actions (login required)

View Item View Item