PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

I R F A N D I (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL UTAMA.docx

Download (23kB)
[img] Text
2.SAMPUL BAG2..docx

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
fandi.docx

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini yaitu pendekatan kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas IV SD yang jumlah keseluruhan sebanyak 21 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV SD masih belum optimal. Hal ini dapat terlihat dari hasil analisis observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II terjadi perbaikan masuk pada kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari kategori kurang dan pada siklus I dan menjadi kategori baik pada siklus II. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 05:54
Last Modified: 23 May 2023 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29057

Actions (login required)

View Item View Item