Pengembangan perangkat model pembelajaran kooperatif berbasis ACSI (Action Cards Speak Independent) (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Muhaedah)

ALMUBARAK, ALMUBARAK (2014) Pengembangan perangkat model pembelajaran kooperatif berbasis ACSI (Action Cards Speak Independent) (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Muhaedah). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Almubarak.docx

Download (15kB)

ABSTRAK ALMUBARAK. Pengembangan perangkat model pembelajaran kooperatif berbasis ACSI (Action Cards Speak Independent) (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Muhaedah) Penelitian pengembangan ini (research & development), bertujuan untuk menghasilkan perangkat model pembelajaran kooperatif berbasis ACSI yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan model pengembangan Kemp. Pengembangannya melalui tiga tahap yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) analisis siswa, (3) analisis tugas, (4) spesifikasi tujuan pembelajaran, (5) sequencing, (6) strategi pembelajaran, (7) tes awal, (8) penyusunan instrumen penelitian, (9) pelayanan pendukung, dan (10) instrumen evaluasi. Uji coba lapangan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkajene. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Kelayakan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinilai dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan hasil validasi; memenuhi kriteria kepraktisan dilihat dari hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang berada pada kriteria tinggi atau terlaksana seluruhnya; dan juga memenuhi kriteria keefektifan dengan melihat respon positif siswa terhadap pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran yang berada pada kateori tinggi, dan hasil belajar siswa yang dianalisis melalui uji N-gain yang berada pada peningkatan hasil belajar pada kategori baik atau sedang. Kata Kunci : Action Cards Speak Independent, Kemp

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:49
Last Modified: 30 Nov 2016 11:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item