PENGUATAN JIWA KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN PADA ORGANISASI KARANG TARUNA DESA MALLASORO KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

Musa, Muh. Ichwan (2021) PENGUATAN JIWA KEPEMIMPINAN DAN KEWIRAUSAHAAN PADA ORGANISASI KARANG TARUNA DESA MALLASORO KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO. PROSIDING FORUM MANAJEMEN INDONESIA KE-13 Seminar Nasional. pp. 1-8.

[img] Text (Article)
49. PROSIDING FMI 2021.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Turnitin)
49. FMI 2021.pdf - Other

Download (11MB)
[img] Text (Peer Review)
Penguatan Jiwa Kepemimpinan.pdf - Other

Download (1MB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1dlqMxfo7ONeMyhzlR...

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat khususnya anggota Karang Taruna Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto tentang jiwa kepemimpinan sebagai penggerak/ motivator dalam kegiatan kewirausahaan serta memberikan pemahaman pada masyarakat (mitra) tentang pentingnya meningkatkan kemauan dan kemampuan berwirausaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pertama dengan observasi langsung yaitu: pengabdi langsung datang ke lokasi pengabdiaan untuk memperoleh data. Hal ini kami lakukan pada saat menjelang maupun saat kegiatan berlangsung. Observasi berguna untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan yang diperlukan oleh Karang Taruna terutama untuk peningkatan sikap leadership dan juga kewirausahaan bagi para anggota Karang Taruna. Observasi sangat penting untuk mewujudkan kesuksesan kegiatan pengabdiaan masyarakat itu sendiri. Metode kedua adalah melakukan pelatihan mengenai kepemimpinan dan juga kewirausahaan, memberikan cara-cara untuk membentuk sikap kepemimpinan yang baik, memberikan tips untuk menjadi seorang wirausahaan yang sukses. Hasil dari kegiatan pelatihan kepemimpinan dalam kewirausahaan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pemuda Karang Taruna, ditambah dengan dukungan dari Kepala Desa Mallasoro sehingga para pemuda Karang Taruna sangat antusias dalam mengikuti pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 10 May 2023 13:13
Last Modified: 10 May 2023 13:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item View Item