Eksplorasi Dan Inventarisasi Anggrek Di Desa Tompobulu Resort Balocci Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Hilmiah, Hilmiah and Hiola, St. Fatmah and Muhammad, Wiharto Eksplorasi Dan Inventarisasi Anggrek Di Desa Tompobulu Resort Balocci Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Bionature.

[img] Text (Artikel)
Eksplorasi Dan Inventarisasi Anggrek Di Desa Tompobulu Resort Balocci Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.pdf

Download (487kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Eksplorasi Dan Inventarisasi Anggrek Di Desa Tompobulu Resort Balocci Taman Nasional Bantimurung Bulusarau.pdf

Download (1MB)

Abstract

Resort Balocci Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan lokasi yang ditumbuhi banyak anggrek alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis anggrek alam. Penelitian ini menggunakan metode jelajah dengan melakukan penelusuran wilayah studi dan dokumentasi yang meliputi pengambilan gambar dan karakterisasi morfologi sebagai dasar untuk melakukan identifikasi jenis anggrek. Penjelajahan anggrek alam dilakukan pada 1 lokasi dengan 94 titik persebaran yang memiliki ketinggian mulai dari 764 m dpl hingga 1252 m dpl. Hasil penelitian memperoleh 44 jenis anggrek, dalam penelitian ini, terdapat 3 macam sifat pertumbuhan anggrek, yakni epifit 38, terrestik 5, dan litofit 2, sedangkan untuk tipe pertumbuhannya didominasi oleh anggrek Simpodial sebanyak 26 jenis. Jenis yang paling banyak ditemukan yaitu Eulophia spectabilis. Berdasarkan ketinggian tempat, jenis yang tumbuh pada posisi tertinggi adalah Trichotosia sp yaitu 1252 m dpl, sedangkan di posisi terendah adalah Bulbophyllum sp.2, Dendrobium stuartii, Oberonia sp.1, Pholidota sp.2, dan Luisia sp.1 yaitu 764 m dpl. Berdasarkan intensitas cahaya secara visual, anggrek yang paling banyak ditemukan pada intensitas cahaya setengah ternaung yaitu sebanyak 35 jenis.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 03 May 2023 06:45
Last Modified: 04 May 2023 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28284

Actions (login required)

View Item View Item