Respon Pertumbuhan Jagung (Zea mays) Dengan Pemberian Urea Bersalut Zeolit Sebagai Nitrogen Lepas Lambat

Aina, Nur and Jumadi, Oslan and Hiola, St. Fatmah Respon Pertumbuhan Jagung (Zea mays) Dengan Pemberian Urea Bersalut Zeolit Sebagai Nitrogen Lepas Lambat. Bionature.

[img] Text (Artikel)
Respon Pertumbuhan Jagung (Zea mays) Dengan Pemberian Urea Bersalut Zeolit Sebagai Nitrogen Lepas Lambat.pdf

Download (593kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Respon Pertumbuhan Jagung (Zea mays) Dengan Pemberian Urea Bersalut Zeolit Sebagai Nitrogen Lepas Lambat.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon pertumbuhan jagung (Zea mays) dengan pemberian urea bersalut zeolit sebagai nitrogen lepas lambat, dilaksanakan mulai April sampai Desember 2017. Pembuatan pupuk dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Tanah Lantai III Timur Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar. Penanaman dan pemeliharaan jagung dilakukan di Rumah Kaca Ekofisiologi Balai Penelitian Tanaman Serelia (Balitsereal) Maros dan Analisis data nitrogen di Laboratorium Tanah Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kabupaten. Maros Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 3 pengelompokan dengan perlakuan Kontrol, Urea, Phosfat, Kalium (UPK), UPK Zeolit 10%, UPK Zeolit 30%, dan UPK Zeolit 50%. Varietas jagung yang digunakan adalah HJ 21 Agritan. Parameter pengamatan yakni lingkar batang, kadar klorofil daun, biomassa tanaman (akar, batang dan daun), berat tongkol, panjang tongkol, nitrogen daun dan nitrogen biji. Teknik asalisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis varian (Uji F) /ANOVA pada taraf kepercayaan α = 0,05 %. Kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan yang menggunakan program SPSS statistik 20. Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi interaksi antara pupuk urea bersalut zeolit terhadap hasil produksi pada berat tongkol dan panjang tongkol jagung dengan hasil berbeda terhadap perlakuan lainnya. Hasil terbaik pada perlakuan urea bersalut zeolit dengan konsetrasi 10%. Sedangkan untuk lingkar batang, kadar klorofil daun, biomassa tanaman (akar, batang dan daun), nitrogen daun dan niitrogen biji menunjukkan hasil yang tidak berpengaruh namun jika dilihat hasil rata-rata aplikasi urea bersalut zeolit dengan konsentrasi 30% paling tinggi.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 03 May 2023 06:41
Last Modified: 04 May 2023 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28283

Actions (login required)

View Item View Item