Pembentukan Gaharu Pada Pohon Aquilaria malaccensis Lamk., Menggunakan Inokulum Fusarium sp.

Rachmawaty, Rachmawaty and Asraful, Ashar and Ali, Alimuddin and Pagarra, Halifah and Hiola, St. Fatmah Pembentukan Gaharu Pada Pohon Aquilaria malaccensis Lamk., Menggunakan Inokulum Fusarium sp. Jurnal Sainsmat.

[img] Text (Artikel)
Pembentukan Gaharu Pada Pohon Aquilaria malaccensis Lamk., Menggunakan Inokulum Fusarium sp..pdf

Download (365kB)
[img] Text (Peer Review Artikel)
Peer Review Pembentukan Gaharu Pada Pohon Aquilaria malaccensis Lamk., Menggunakan Inokulum Fusarium sp.” (Penulis kelima-5).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh formulasi nutrisi buatan dan inoculum Fusarium sp., untuk memproduksi gaharu pada tanaman Aquilaria malaccensis Lamk., menggunakan metode infus. Penelitian ini menggunakan 3 jenis perlakuan yaitu, formulasi inoculum P1 (nutrisi buatan + Fusarium sp), formulasi P2 (nutrisi buatan + fermentasi Fusarium sp) dan formulasi P3 (nutrisi buatan + Fusarium sp + serbuk kayu A. malaccensis Lamk yang difermentasi) dan formulasi P4 yaitu inokulum Fusarium sp beserta nutrisi organik sebagai kontrol. Penelitian dilakukan di lahan agroforestri petani di Kabupaten Soppeng, Desa BaraE, Sulawesi Selatan, dengan metode infus induksi pada 12 lubang dibor, dengan masing-masing jarak 10 cm tiap lubang dengan membentuk pola spiral. Kedalaman setiap lubang 1/3 diameter batang. Pemberian infus dilakukan setelah 3 bulan inokulasi dengan parameter pengamatan berupa luas infeksi, perubahan warna dan tingkat aroma. Hasil penelitian didapatkan formulasi P2 membentuk luas areal infeksi gaharu dengan rata-rata 10,06 cm2. Hasil organoleptic untuk perubahan warna yang menunjukkan skor 3 dari 6 panelis adalah formulasi P3, sedangkan tingkat aroma menunjukkan skor 3 (sangat harum) dari 7 panelis yaitu formulasi P4. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa formulasi P3 berpotensi memberikan pembentukan gaharu yang lebih baik, formulasi P4 untuk tingkat aroma dan luas infeksi oleh formulasi P2.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 03 May 2023 06:29
Last Modified: 04 May 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28281

Actions (login required)

View Item View Item