PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII A SMPNEGERI 1 WATAMPONE

Rabiah, Rabiah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII A SMPNEGERI 1 WATAMPONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(13) JURNAL RABIAH.docx

Download (59kB)

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses Sains dan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Watampone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing berlangsung 2 kali pertemuan dan 3 kali pertemuan, dengan materi Tekanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone sebanyak 26 siswa. Indikator yang digunakan, Nilai Keterampilan Proses sains dalam kategori baik dan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus, mengalami peningkatan hingga mencapai atau melampaui KKM, yaitu N≥78 dan ketuntasan klaksikal tercapai jika minimal 75% mencapai N≥78.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran berbasis kontekstualdapat meningkatkan keterampilan proses sains, pada siklus I capaian optimum 82,05 dan pada siklus II meningkat menjadi 97,44 dalam kategori sangat baik, (2) pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pada siklus I ketuntasan secara klaksikal diperoleh 26,92%, dan meningkat menjadi 92,31% pada siklus II. Kata Kunci:Keterampilan Proses dan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Kontekstual

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:37
Last Modified: 06 Sep 2017 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item View Item