Amiruddin, Amiruddin and Nurlaela, Nurlaela and Muhammad, Hasyim and Wirawan, Setialaksana (2022) Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi sebagai Kontinum di Perguruan Tinggi : Deskripsi dan Model Pengukuran. Journal NALAR Pendidikan, 10 (2). pp. 80-86. ISSN e 2477-0515 ISSN p 2339-0794
Text (Artikel)
12 38082-100961-2-PB.pdf Download (470kB) |
|
Text (Peer Review)
12Peer Review jurnal.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan pedagogi, andragogi dan heutagogy bersama-sama dalam proses perkuliahan/pembelajaran. Pendekatan ini memiliki kebaruan karena belum ada bukti empirik mengenai penggunaan ketiganya secara bersama di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka menyelidiki pelaksanaan ketiganya di dalam kelas menggunakan pendekatan secara kuantitatif deskriptif dengan terlebih dahulu mengecek model pengukuran dari ketiganya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 316 mahasiswa mengisi kuesioner elektronik secara acak. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan model pengukuran untuk menginvestigasi validitas dan reliabilitas dari model. Konstruk dan indikatornya. Hasil penelitian melalui model pengukuran menunjukkan bahwa ketiga konstruk merupakan konstruk yang valid dan reliabel. Indikator yang menyusun konstruk tersebut juga merupakan indikator yang valid dan reliabel. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa proses perkuliahan di tengah pandemi didominasi oleh pendekatan andragogi. Pendekatan heutagogi sebagai pendekatan yang ideal digunakan di perguruan tinggi menunjukkan rata-rata respon paling rendah. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan menganalisis hubungan antara pendekatan sebagai sebuah kontinum.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Mardiana Mardiana |
Date Deposited: | 01 May 2023 03:09 |
Last Modified: | 01 May 2023 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28170 |
Actions (login required)
View Item |