PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBULUE

Zulkarnaen, Zulkarnaen (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBULUE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(21) JURNAL Zulkarnaeni.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen, untuk melihat seberapa besar hasil belajar siswa dalam pokok bahasan pengelolaan lingkungan setelah diajar dengan Model Pembelajaran Berbasis masalah dengan pendekatan Kontekstual. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibulue yang berjumlah 92 siswa. Sedangkan sampel penelitian dipilih salah satu kelas secara acak dengan jumlah sampel 22 siswa.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif melalui uji N-gain. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa . Uji N-gain digunakan untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pretest ke posttest.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 SIbulue yang diajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori sangat aktif. (2) Hasil belajar siswa kelas VII SMP negeri 1 Sibulue yang diajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori tinggi. (3) Ada pengaruh penerapan model Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual melalui hasil belajar siswa kelas VII SMP negeri 1 Sibulue dengan nilai g = 0,6 dengan kategori “sedang”. Kata Kunci:Berbasis Masalah, PendekatanKontekstual, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:27
Last Modified: 06 Sep 2017 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item