Pelaksanan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Rekognisi Mata Kuliah KKN Dan PPL

EC00202284552 (2022) Pelaksanan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Rekognisi Mata Kuliah KKN Dan PPL. 000400296.

[img] Text
8.Peer Review Haki-Pelaksanaan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Rekognisi.pdf - Supplemental Material

Download (222kB)
[img] Text
Pelaksanan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Rekognisi Mata Kuliah KKN Dan PPL.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC0020228...

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran model Flipped Classroom (FC) sangat relevan dengan kebijakan MBKM karena model dan perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja di era revolusi indutri 4.0. Berdasarkan uraian di atas maka penelitian pengembangan ini perlu dilakukan bukan saja meningkatkan kemampuan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa , tetapi juga akan menemukan disain Model FC dan perangkat pembelajaran model Flipped Classroom yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini mengandung unsur kebaruan dibanding penelitian terdahulu dan diharapkan menjadi solusi bagi model dan perangkat pembelajaran yang selama ini dipergunakan dan belum memenuhi syarat bagi upaya untuk menghasilkan luaran yang berkualitas dilihat dari aspek soft skill. Penelitian ini direncanakan akan menghasilkan model dan perangkat pembelajaran yang faktual dan dibutuhkan oleh lembaga pendidikan khususnya mendukung program merdeka belajar kampus merdeka. Penelitian ini meghasilkan: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model Flipped Classroom yang telah divalidasi, modul yang telah divalidasi, selanjutnya disain model FC, buku pedoman model Flipped Classroom dan HKI sederhana. Penelitian ini mendukung riset unggulan Universitas Negeri Makassar terkait riset unggulan pertama yakni bidang pendidikan, khususnya sub bidang Pengembangan Model Pendidikan dan Pembelajaran Efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan(design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Luaran yang telah dicapai dalam penelitian ini (Tahun I) adalah : (1) menghasilkan Disain Model FC yang telah diuji coba dan dianalisis (Haki Model FC sudah granted), (2) Modul(buku ajar Prakarya dan Kewirausahaan sudah terbit) (3) artikel yang dipublikasi pada jurnal terindeks sinta (terbit) (4) artikel dipublish pada Jurnal Internasional (terbit). Penelitian ini mendukung riset unggulan Universitas Negeri Makassar terkait riset unggulan pertama yakni bidang pendidikan, khususnya sub bidang Pengembangan Model Pendidikan dan Pembelajaran Efektif

Item Type: Patent
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Syam sidah ida
Date Deposited: 03 May 2023 06:39
Last Modified: 26 Jun 2023 16:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28142

Actions (login required)

View Item View Item