Keanekaragaman dan Kelimpahan Fitoplankton Di Danau Motonuno Desa Lakarinta Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

Irnawati, Irnawati and Indrayani, Indrayani and Salwiyah, Salwiyah (2020) Keanekaragaman dan Kelimpahan Fitoplankton Di Danau Motonuno Desa Lakarinta Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 5(2): 81-90,, 5 (2). pp. 81-90. ISSN e-ISSN 2503 4286

[img] Text (Article-Keanekaragaman dan Kelimpahan Fitoplankton Di Danau Motonuno Desa Lakarinta Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara)
Keanekaragaman dan kelimpahan fitoplankton 2020.pdf

Download (393kB)
[img] Other (Peer Review-Keanekaragaman dan Kelimpahan Fitoplankton Di Danau Motonuno Desa Lakarinta Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara)
Keanekaragaman dan kelimpahan fitoplankton 2020.PDF

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.uho.ac.id/index.php/JMSP/article/view/...

Abstract

Danau Motonuno merupakan salah satu danau air tawar yang fungsi utamanya sebagai sumber mata air bagi kebutuhan masyarakat. Danau motonuno yang bersumber dari mata air gua, memiliki kualitas air cukup jernih sehingga dapat memadai tumbuh kembang fitoplankton.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan fitoplankton yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2019. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan carapurposive sampling dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan. Pengambilan sampel dilakukan 3 kali ulangan pada setiap stasiun.Hasil yang diperoleh bahwa jenis fitolankton terdiri dari 6 kelas yaitu kelas Bacillariophyceae (9 genera), kelas Cyanophyceae (3 genera), kelas Chlorophyceae (3 genera), kelas Zygnematophyceae (3 genera), kelas Ulvophyceae (3 genera) dan kelas Euglenophyceae (1 genera).Nilai indeks kelimpahan fitoplankton berkisar antara 1037-20179 Ind/l Nilai indeks keanekaragaman jenis fitoplankton berkisar antara 0.44 – 1.86.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr. Indrayani Indrayani
Date Deposited: 03 May 2023 01:42
Last Modified: 03 May 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28124

Actions (login required)

View Item View Item