PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA JENEBERANG IKK BORONGLOE DI KABUPATEN GOWA

Udayani, Pradhita and Haeruddin, M. Ikhwan Maulana and Ruma, Zainal (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA JENEBERANG IKK BORONGLOE DI KABUPATEN GOWA. DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3 (2).

[img] Text
Pradhita_1916-Article Text-5302-1-10-20221017.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Turnitin_DECISION_ServQualPDAM.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
ServQualPDAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan aktif PDAM Tirta Jeneberang IKK Borongloe di Kabupaten Gowa. Data teknik pengumpulan menggunakan teknik observasi, angket dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji parsial variabel bukti langsung, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. pada pengujian simultan masing-masing indikator kualitas pelayanan (bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:08
Last Modified: 27 Apr 2023 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27846

Actions (login required)

View Item View Item