NURUL RAHMAH (2023) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUKMENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWASMPN 4 BANTIMURUNG.
Text
Jurnal Nurul Rahmah_Bimbingan Konseling.pdf Download (867kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran efikasi diri akademik siswa di SMPN 4 Bantimurung, (2) Gambaran pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan efikasi diri akademik siswa di SMPN 4 Bantimurung,(3) Apakah teknik restrukturisasi kognitif dapat meingkatkan efikasi diri akademik siswa di SMPN 4. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan pola quasi eksperimental design. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket efikasi diri akademik. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 27, teknik sampling yang digunakan dalam menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistic deskriptif bertujuan untuk menggambarkan kumpulan data dengan memberikan gambaran singkat tentang sampel dan ukuran data dan statistik inferensial untuk menduga nilai populasi, dengan adanya penggunaan metode ini, peneliti mengharapkan hasil pengukuran yang akurat dan tepat dengan menggunakan program SPSS Versi 26.0 for windows. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikansi (2-tailed) < dari 0.05, dengan demikian hipotesis Ha berbunyi teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan efikasi diri akademik siswa di SMPN 4 Bantimurung. Kata Kunci: restrukturisasi kognitif, efikasi diri
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 03:19 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 03:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27570 |
Actions (login required)
View Item |