PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR KOTA MAKASSAR

NURUL FAJRAH SUNALI (2023) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal JPPK Nunu.pdf

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran regulasi diri dalam belajar siswa 2) Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif 3) Teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 107 siswa dan sampel penelitian sebesar 22 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala regulasi diri dalam belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat regulasi diri dalam belajar siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat regulasi diri dalam belajar siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah 2) Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu rational treatment, analisis pikiran konseli, pengenalan dan latihan CT, pindah dari pikiran-pikiran negatif ke coping thought (CT), penguatan positif dan evaluasi Pada saat pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada perbedaan tingkat regulasi diri dalam belajar pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif. Artinya, penerapan teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar siswa secara signifikan di SMP Negeri 5 Makassar. Kata Kunci: Regulasi diri dalam belajar, restrukturisasi kognitif, konseling kelompok

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:46
Last Modified: 04 Apr 2023 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27562

Actions (login required)

View Item View Item