PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 SIDRAP

MUH GILANG ASHSIDDYQ (2023) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 SIDRAP.

[img] Text
Artikel Ilmiah Skripsi_Muh Gilang Ashsiddyq_1844040004_Psikologi pendidikan dan Bimbingan.pdf

Download (641kB)

Abstract

Konsep diri bagi remaja berperan agar remaja dapat menyesuaikan dengan lingkungannya, agar mereka dapat diterima oleh lingkungannya. Remaja yang memiliki konsep diri yang positif akan memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas terhadap masa depannya. Juga akan memunyai semangat hidup dan semangat juang yang tinggi untuk mencapai cita-citanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri siswa terhadap kematangan karir siswa di SMK Negeri 1 Sidrap. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan teknik random sampling yang berjumlah 100 Siswa. Analisis menggunakan analisis statistik deksriptif untuk mengetahui gambaran konsep diri dan kematangan karir siswa, dan Analisis regresi sederhana. Hasil uji regresi sederhana menujukkan bahwa ada pengaruh konsep diri terhadap kematangan karir siswa di SMK Negeri 1 Sidrap dengan nilai f hitung 52.508 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan ada pengaruh antara konsep diri terhadap kematangan karir siswa di SMK Negeri 1 Sidrap. Faktor yang paling mempengaruhi adalah harga diri, teman sebaya, fisik, popularitas dan lingkungan. Kata Kunci: Konsep Diri, Kematangan Karir, Gender

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:44
Last Modified: 20 Mar 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27439

Actions (login required)

View Item View Item