Pengaruh Penambahan Filler Kitosan dan CaCO 3 Terhadap Karakteristik Bioplastik dari Umbi Gadung (Dioscorea Hispida Densst)

Sari, Nur Indah and Syahrir, Muhammad and Pratiwi, Diana Eka (2022) Pengaruh Penambahan Filler Kitosan dan CaCO 3 Terhadap Karakteristik Bioplastik dari Umbi Gadung (Dioscorea Hispida Densst). Chemica, 23 (1). pp. 78-89. ISSN 2722-8649

[img] Text
12_Artikel_Pengaruh Penambahan F.Citosan.pdf

Download (897kB)
[img] Text
12_Peer Reviewer_Pengaruh Penambahan F.Citosan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12_Turnitin_Pengaruh Penambahan F Citosan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan filler kitosan dan CaCO3 terhadap karakteristik bioplastik dan untuk mengetahui konsentrasi filler kitosan dan CaCO3 yang optimum dalam sintesis bioplastik dari umbi gadung dengan tahapan ekstraksi pati, sintesis bioplastik dengan penambahan filler kitosan dan CaCO3 , dan karakterisasi yang meliputi uji ketahanan air, kemampuan biodegradasi, sifat mekanik (kuat tarik, elongasi, dan modulus young), serta analisis gugus fungsi dengan menggunakan spektrofotometer FTIR. Sampel umbi gadung diperoleh dari Desa Bu’nea Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi filler kitosan maupun CaCO3 sebanding dengan nilai ketahanan air dan berbanding terbalik dengan kemampuan degradasi bioplastik. Sifat mekanik terbaik sekaligus sebagai konsentrasi optimum diperoleh dari penambahan kitosan 6% dengan nilai kuat tarik sebesar 8,85 MPa, elongasi sebesar 11,83% dan nilai modulus young 0,7482 MPa. Adapun CaCO3 3% merupakan konsentrasi optimum yang memberikan sifat mekanik yang paling besar yaitu nilai kuat tarik 7,5522 MPa, elongasi 9,64% serta modulus young 0,7834 MPa. Hasil identifikasi gugus fungsi FTIR terdapat gugus O-H, C-H, N-H, dan C-O yang merupakan gugus fungsi dari bahan penyusun bioplastik yaitu pati, kitosan, dan gliserol.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bioplastik, Dioscorea Hispida Dennst, kitosan, CaCO
Subjects: FMIPA > KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Syahrir G
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:04
Last Modified: 15 Mar 2023 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27373

Actions (login required)

View Item View Item