Khaerati Armas, Andi Ratna and Ramlawati, Ramlawati and Syahrir, Muhammad (2019) HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA MAKASSAR. Chemistry Education Review (CER) UNM, 2 (2). pp. 67-75. ISSN 2597-9361
Text
1_ARTIKEL_Hubungan Antara Literasi Sains-PB.pdf Download (640kB) |
|
Text
1_Peer Reviewer_Hubungan Antara Literasi Sains dgn PB.pdf Download (1MB) |
|
Text
1_Turnitin_HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN PB.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk menentukan hubungan antara literasi sains dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia kelas XI MIPA SMA Negeri Se-Kota Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian sebanyak 1734 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 391 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen tes literasi sains dan data prestasi belajar peserta didik berupa nilai rapor mata pelajaran kimia semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains memiliki hubungan positif dengan prestasi belajar peserta didik dengan tingkat korelasi sedang. Kata Kunci: literasi sains, prestasi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi sains, prestasi belajar |
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2) PASCASARJANA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Syahrir G |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 08:03 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 08:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27363 |
Actions (login required)
View Item |