EFEKTIVITAS TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MAJENE

MUHIDATUL JASNI (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MAJENE.

[img] Text
Jurnal-Muhidatul Jasni 1844041037.pdf

Download (609kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku bullying siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Majene sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik psikodrama. 2) Gambaran pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik psikodrama. 3) Efektivitas teknik psikodrama untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model quasi eksperimen design. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 52 siswa kelas XI IPS dan yang menjadi sampel penelitian 8 siswa yang melakukan perilaku bullying dengan kategori tinggi. Siswa tersebut terbagi menjadi kelompok eskperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala perilaku bullying dan teknik observasi yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji t-test independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Majene sebelum diberi treatment berada pada kategori tinggi dan setelah diberi treatment berupa teknik psikodrama berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik psikodrama dalam konseling kelompok dilaksanakan sesuai dengan skenario yang sudah dirancang dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu tahap warm up, action, dan sharing serta menunjukkan partisipasi dan keaktifan siswa yang sangat tinggi. 3) Ada perbedaan yang signifikan dari tingkat perilaku bullying siswa yang diberikan perlakuan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik psikodrama. Artinya pelaksanaan teknik psikodrama efektif untuk mengatasi perilaku bullying siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Majene. Kata Kunci : Teknik Psikodrama, Perilaku Bullying

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:01
Last Modified: 02 Mar 2023 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27300

Actions (login required)

View Item View Item