EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION DALAM MENGATASI ACADEMIC SELF�HANDICAPPING SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 LUYO

ANNISA MAHARANI MASRURAH (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION DALAM MENGATASI ACADEMIC SELF�HANDICAPPING SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 LUYO.

[img] Text
Jurnal_Annisa Maharani Masrurah_Bimbingan dan Konseling ASH.pdf

Download (821kB)

Abstract

Academic Self-handicapping adalah mekanisme individu untuk melindungi harga diri melalui manipulasi perilaku/lingkungan (Jones dan Berglas dalam Lilla & Zlot, 2018). Peneliti melakukan pembagian skala Academic Self-handicapping pada siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Luyo, keseluruhan jumlah siswa kelas IX yaitu 23 siswa teridentifikasi mengalami academic Self-handicapping dalam kriteria tinggi dan sangat tinggi. Peneliti menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dan teknik analisis data uji gainscore dalam penelitian ini, kemudian didapatkan data hasil academic self-handicapping awal siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Luyo sebelum diberikan layanan Konseling kelompok teknik academic self�handicapping menunjukkan bahwa tingkat academic self-handicapping siswa berada pada kategori tinggi yang meliputi perilaku penghindaran seperti lebih memilih bermain sepak bola, sosial media dan jalan-jalan dibandingkan mengerjakan tugas ataupun mempersiapkan diri untuk ujian. Sedangkan skor akhir pada kelompok eksperimen diketahui bahwa tingkat academic self-handicapping siswa masuk kedalam kategori rendah” tergambarkan dari hasil posttest dan perubahan-perubahan respon siswa menjelang akhir konseling seperti kesadaran akan pikiran irasional mereka yang tidak benar dan keinginan untuk merubah perilakunya dengan kata lain siswa mulai tidak memberikan pemakluman atas pikiran irrasionalnya. Pelaksanaan intrervensi teknik cognitive disputation melalui layanan Konseling dilakukan dalam 5 kali pertemuan, selama proses tersebut peneliti mendapatkan berbagai data yang kemudian dianalisis dan mendapatkan hasil bahwa teknik cognitive disputation ini efektiv dalam mengatasi academic Self-handicapping siswa. Kata Kunci: Academic Self-Handicapping, Cognitive Disputation, Konseling Kelompok

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:34
Last Modified: 02 Mar 2023 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item