PENERAPAN KONSELING KARIR BERDASARKAN TEORI HOLLAND UNTUK PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 17 GOWA

SARTIKA (2023) PENERAPAN KONSELING KARIR BERDASARKAN TEORI HOLLAND UNTUK PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 17 GOWA.

[img] Text
Jurnal-Sartika 1844041029-BK.pdf

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang permasalahan karir dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Gambaran perencanaan karir siswa kelas XII SMA Negeri 17 Gowa dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi. (2) Gambaran pelaksanaan konseling karir berdasarkan teori Holland untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi. (3) Penerapan konseling karir berdasarkan teori Holland untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 17 Gowa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experimental design bentuk non-equivalent control group design. Populasinya adalah 16 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 14 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test menggunakan program IBM SPSS Versi 22.0 karena memenuhi uji prasyarat data yaitu data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat perencanaan karir pada kelompok eksperimen pada saat pretest berada pada kategori rendah hingga sedang dan kelompok kontrol berada pada kategori sedang hingga tinggi. Pada saat post-test, pada kelompok eksperimen meningkat pada kategori tinggi dan kelompok kontrol tetap berada pada kategori sedang hingga tinggi. (2) Pelaksanaan konseling karir berdasarkan teori Holland dilaksanakan melalui 6 pertemuan yaitu prakonseling, presentasi masalah, mengeksplorasi kesadaran diri, mengeksplorasi peluang pendidikan dan peluang kerja, pengambilan keputusan tentative dan pengembangan rencana aksi, dan terminasi. (3) Ada perbedaan tingkat perencanaan karir dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi pada siswa yang diberikan treatment dengan siswa yang tidak diberikan treatment. Maka penerapan konseling karir berdasarkan teori Holland efektif untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 17 Gowa. Kata Kunci: Konseling karir, Teori Holland, Pemilihan jurusan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:27
Last Modified: 02 Mar 2023 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item View Item