Penerapan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Di MTs DDI Lapeo

SUCI INSYIRAH R.S (2023) Penerapan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Di MTs DDI Lapeo.

[img] Text
Artikel LOA_Suci Insyirah R.S (1).pdf

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa di MTs DDI Lapeo. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian pada siswa MTs DDI Lapeo ?, (2) Bagaimana pelaksanaan teknik relaksasi dalam mengurangikecemasan siswa dalam menghadapi ujian di MTs DDI Lapeo ?, (3) Apakah ada pengaruh teknik relaksasi untuk mereduksi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di MTs DDI Lapeo ?. Metode pada penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis penelitian Single Subject Research dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas IX D di MTs DDI Lapeo yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat perilaku kecemasan ujian siswa sebelum diberikan intervensi berupa teknik relaksasi berada pada kategori tinggi. (2) Pelaksanaan teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan ujian siswa di MTs DDI Lapeo dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan dimana 3 kali pengukuran baseline A1, 5 kali pengukuran baseline intervensi, dan 3 kali pengukuran baseline A2. (3) Penerapan teknik relaksasi dapat mengurangi perilaku kecemasan ujian siswa di MTs DDI Lapeo. Kata Kunci: Kecemasan Ujian, Teknik Relaksasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:08
Last Modified: 02 Mar 2023 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item