PENERAPAN TEKNIK DIALOG SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR

A. MAGFIRAH S (2023) PENERAPAN TEKNIK DIALOG SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL (A. MAGFIRAH S)_BK. 2018.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 35 Makassar. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran tingkat motivasi belajar siswa. (2) Gambaran pelaksanaan konseling kelompok REBT teknik dialog socrates untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Makassar. (3) Penerapan konseling kelompok REBT teknik dialog socrates dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar yang teridentifikasi memiliki motivasi belajar yang rendahsebanyak 16 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan populationsampling.Jumlah sampel penelitian adalah 16 responden yang terbagi menjadi dua, yaitu 8 responden untuk kelompok eksperimen dan 8 responden untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala motivasi belajardanobservasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi belajar siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Pada saat posttest, tingkat motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah. (2) Pelaksanaan konseling kelompok REBT teknik dialog socrates dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang dirancang.(3) Ada perbedaan tingkat motivasi belajar siswa pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik dialog socrates. Artinya, pemberian konseling kelompok REBT teknik dialog socrates berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan nilai motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, REBT, Teknik Dialog Socrates

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:00
Last Modified: 16 Feb 2023 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27260

Actions (login required)

View Item View Item