ANALISIS STRES AKADEMIK PADA SISWA DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 8 MAROS)

NURUL LATIFAH (2023) ANALISIS STRES AKADEMIK PADA SISWA DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 8 MAROS).

[img] Text
JURNAL-NURUL LATIFAH (1844041035).pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran dan faktor penyebab stres akademik pada siswa serta upaya penanganan yang tepat digunakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini sebanyak satu orang siswa dengan inisial NAL dari kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Maros. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami gejala stres antara lain banyak mengeluh, merasa tidak memiliki kemampuan, tidak konsentrasi belajar, mudah marah, bosan dan jenuh belajar, pegal dan sakit pada badan. Adapun faktor utama penyebab stres adalah pada perilaku yang sering menunda mengerjakan tugas, tidak mengatur waktu belajar, mengerjakan tugas menumpuk dekat waktu pengumpulan, berpikir tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas dari guru, sulit konsentrasi serta sering merasa jenuh dan bosan belajar. Upaya penanganan stres akademik adalah dengan konseling teknik self management terdiri dari empat tahapan dan dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Kata Kunci: Stres Akademik; Self Management

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:55
Last Modified: 16 Feb 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27259

Actions (login required)

View Item View Item