PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CORNERSTONE HOMESTYLE EDUCATION

Nur Chafidah (2023) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CORNERSTONE HOMESTYLE EDUCATION.

[img] Text
1849040002 NUR CHAFIDAH ARTIKEL.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang untuk mengetahui apakah PjBL dapat mempengaruhi kemampuan literasi pada usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak , 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,010 < 0,05 diterima dan ditolak artinya kemampuan literasi pada kelas eksperimen jauh lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: PjBL; kemampuan literasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:48
Last Modified: 14 Feb 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27212

Actions (login required)

View Item View Item