PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PADU AL-IKHLAS

MUSDALIFAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PADU AL-IKHLAS.

[img] Text
Musdalifah.pdf

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran sinektik melalui bahan alam terhadap kreativitas anak di Tk Padu Al-Ikhlas, untuk mengetahui gambaran kreativitas anak sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran sinektik dengan menggunakan media bahan alam di Tk Padu Al-Ikhlas dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran sinektik melalui media bahan alam terhadap kreativitas anak di Tk Padu AlIkhlas,Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Tk Padu Al-Ikhlas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) = 0,026< 0,05 H1diterima dan H0 ditolak artinya kreativitas pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, ini membuktikan Metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan menempel berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas anak. Kata Kunci: kreativitas, model sinektik, menempel

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:16
Last Modified: 09 Feb 2023 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27184

Actions (login required)

View Item View Item